Sunday 11 June 2017

⁠⁠⁠Baik dan Buruk tergantung niat

⁠⁠⁠Baik dan Buruk tergantung niat

Hukum negara dibuat, ditetapkan dan dipatuhi oleh semua yang berada dinegara itu, salah atau benar, dihukum atau dibebaskan tergantung pada kesepakantan penegak hukum.

Hukum agama ditetapkan oleh yang mendirikan agama itu, benar atau salah, dihukum atau dibebaskan, surga atau neraka hak sepenuhnya oleh tuhan yang menciptakan hukum agama itu.


Hukum karma adalah hukum perbuatan, perbuatan baik atau buruk, bahagia atau menderita, surga atau neraka ditentukan dari perbuatan yg didasari dari niat. Niat seseorang baik atau buruk yang tahu adalah diri orang itu sendiri bukan tuhan ataupun orang lain.

Niat baik tapi berdampak buruk cthnya ada org haus dan lapar, niat kita ngasih makan dan minum supaya bebas dari haus dan lapar tapi ternyata makanan dan minuman itu beracun sehingga dia sakit perut.

Niat jahat tapi dampaknya baik, cthnya Ada ibu berdiri dipinggir jalan, kemudian ada perampok yg ingin merampok ibu itu tapi disaat aksi itu dilakukan ada kendaraan yg remnya blong mengarah keibu itu, ibu itu selamat dari kecelakaan dan karena tidak tahu niat dalam diri perampok, ibu itu memberikan sejumlah uang kepada perampok sebagai ungkapan terimakasih karena merasa diselamatkan perampok.

Niat baik dilakukan dengan benar hasilnya bahagia. Cthnya ia memberi, membantu, menolong orang lain yg membutuhkan akhirnya ia bebas dari keserakahan, keterikatan dan kemelekatan, ia bahagia karena hidupnya berguna dan ia bahagia setelah meninggal masuk surga.

Niat buruk hasilnya buruk, cthnya niatnya ngrampok begitu beraksi ketangkap warga digepuki dan dimasukan bui. Hidup sekarang menderita meninggal masuk neraka.

Yang dimaksudkan perbuatan yang didasari dari niat itulah yang menimbulkan akibat, sesuai benih yg ditabur seperti itulah buah yang dipetik. Menanam kebaikan mendapatkan kebaikan, menanam keburukan mendapatkan keburukan. Baik atau buruk, bahagia atau menderita, surga dan neraka tergantung pada perbuatan kita.

Damailah jiwaku
Damailah saudaraku
Damailah Indonesiaku

Achan Tej(B.Tp)
Pertapaan Vipassana Giri Dhammo
Wonosalam, Jombang

No comments:

Post a Comment