Tuesday 17 October 2017

Kambing dan Pencuri

Kambing dan Pencuri

Short Dhamma Story #11
Oleh Sayadaw U Osadha
Retreat Masa Vassa 9 Juli - 5 Okt 2017
Kayagatasati,  Cibodas
---------------------------------------

Dikisahkan ada orang miskin yang mencuri kambing. Pemilik kambing melaporkannya pada polisi, lalu dia ditangkap dan dimasukkan ke penjara. Tidak ada yang menolong dan membantunya.

Di sisi lain, ada orang kaya yang mencuri kambing. Pemilik kambing tidak berani melaporkannya pada polisi, karena dia pikir polisi tidak akan percaya. Selain itu, si pencuri memiliki banyak teman yang membantunya,  bahkan para Raja dan menteri juga akan membantunya. Jadi dia terbebas dari akibat perbuatan jahatnya. Si pemilik kambing hanya berani berkata, "Tuan,  kembalikanlah kambing saya," atau "Bayarkanlah uang sejumlah nilai kambing saya."

Orang miskin tersebut diibaratkan seperti orang yang tidak pernah melakukan jasa kebajikan, sehingga kesalahan sekecil apapun akan menyeretnya ke penderitaan yang dahsyat.  Lain halnya dengan si orang kaya, yang sudah sering menanam jasa kebajikan,  sehingga walaupun dia melakukan suatu kejahatan besar, akan banyak orang yang menolongnya sehingga dia terbebas dari akibat kejahatannya tersebut.

Pesan Moral dalam cerita ini adalah:
Taburkanlah sebanyak mungkin jasa kebajikan dalam samsara ini agar dapat menjadi pelindung dan pendukung kita (Kamma patisarana).

No comments:

Post a Comment