Thursday 27 April 2017

RENUNGAN: "melatih kesadaran"

RENUNGAN: "melatih kesadaran"                                            
👉 Peran serta fungsi dari kesadaran dalam berlatih meditasi ketenangan pikiran adalah sebagai kontrol juga arah. Kesadaran sebagai kontrol agar upaya untuk menenangkan pikiran waktunya efektif, dan kesadaran sebagai arah mencapai ketenangan pikiran.                                                                                                        
👉 Melatih meditasi berbasis kesadaran bisa dimulai dari tahapan pertama berupaya menyadari akan eksistensinya, berupa serta menyadari eksistensinya ada di ruangan itu {Dhammasala}, sadar menyadari dengan baik eksistensi dirinya.                                              
👉Tahapan kedua berupaya untuk  menyadari posisinya saat berlangsung latihan meditasi, bahwa posisinya saat berlatih meditasi adalah duduk. Sadar menyadari dengan baik posisi duduk, sehingga jika duduknya kurang tegak dan rileks, secepatnya diperbaiki.                                            
👉 Tahapan ketiga berupaya serta menyadari irama nafas secara alami, sebagai obyek untuk mengonsentrasikan pikiran. Karena sensasi nafas secara alami pada kembung kempis perut itu hanya sebagai obyek, sadar hanya menyadarinya, tanpa mengatur irama nafas itu. Semakin sadar bisa menyadari irama nafas, semakin baik                                                                      
👉 Tahapan keempat berupaya untuk mengonsentrasikan pikiran pada objek pernafasan secara alami dengan selalu sadar, agar pikiran tidak berkelana ke masa lalu wujud dari kemelekatan, dan biar tidak berkelana ke masa mendatang yang merupakan manifestasi keinginan. Agar pikiran menjadi tenang, karena pikiran konsentrasi pada objek, dan sadar menyadari proses itu.                                                                
👉 Upaya dan sadar adalah dua faktor penting untuk melatih meditasi, jika upaya dilakukan dengan benar, serta kesadaran berfungsi dengan benar, maka konsentrasi juga menjadi benar.                                                  
✍  {B.Saddhaviro}

No comments:

Post a Comment