Saturday 18 July 2020

RENUNGAN: "Cara Yang Salah"

RENUNGAN: "Cara Yang Salah"

๐Ÿ‘‰ Menyalahkan orang karena orang telah berbuat salah, adalah cara yang salah; sehingga dirinya sendiri ikut berbuat salah dengan menyalahkan orang, yang telah melakukan kesalahan.

๐Ÿ‘‰ Mencari kesalahan orang agar bisa untuk disalahkan, kendati tidak berbuat salah, yang penting orang tersebut bisa dijadikan kambing hitam sebagai orang yang salah. Orang menggunakan cara salah untuk menyalahkan orang, dengan mencari kesalahannya, bahkan tidak salah pun disalahkan. Sehingga dirinya berbuat salah tidak sadar, terlihat benar.

๐Ÿ‘‰ Orang berbuat salah dengan niat tidak baik, dilakukan dengan cara yang salah, tujuannya juga tidak baik, merupakan kesalahan yang utuh. Semua itu dilakukan, orang merasa tidak bersalah. Karena disebabkan oleh ketidaktahuan batin.

๐Ÿ‘‰ Niat salah, cara yang salah dan tujuan salah, semua bersumber dari ketidaktahuan batin. Orang yang batinnya tercerahkan, tidak lagi berbuat salah dengan menyalahkan dan mencari kesalahannya orang lain, sehingga dirinya terbebas dari berbuat salah dengan menyalahkan orang lain.

✍️ (Bhikkhu Saddhaviro Mahathera)

No comments:

Post a Comment