Tuesday 26 June 2018

Pikiranmu lahir sebelum tubuh mati

"Pikiranmu lahir sebelum tubuh mati."

Pertanyaan (M): "Ketika seseorang meninggal, apakah dia segera terlahir kembali?"

Than Ajahn: "Jika orang itu akan dilahirkan kembali sebagai manusia, ia harus menunggu tubuh baru. Tetapi Anda secara otomatis menjadi makhluk yang telah Anda kembangkan dalam hidup Anda. Jika Anda seorang deva (karakter) , Anda akan menjadi dewa. Jika Anda seorang brahma (karakter), Anda akan menjadi brahma. Jika Anda seorang Sotāpanna, Anda akan menjadi Sotāpanna segera. Pikiran Anda lahir sebelum tubuh itu mati. "


Laki-laki: "Jadi, maksud ajahn itu segera?"

Than Ajahn: "Ya, itu sudah terjadi sekarang. Jika Anda seorang Sotāpanna, Anda seorang Sotāpanna. Jika Anda memiliki karakter binatang, Anda adalah hewan sekarang, meskipun tubuh Anda adalah tubuh manusia. Pikiran Anda memiliki sudah mengambil karakter binatang, karakter Anda yang terlahir kembali.

Ada berbagai jenis karakter ketika Anda mati. Anda bisa menjadi hantu kelaparan. Anda bisa menjadi makhluk neraka. Jika Anda terus marah pada orang-orang, atau terus-menerus membenci orang, maka Anda akan menjadi makhluk neraka. Jika Anda terus tamak, Anda akan menjadi hantu kelaparan. Itu karakter Anda yang dilahirkan kembali. Pikiran Anda segera terlahir kembali.

Jadi, Anda mungkin memiliki tubuh manusia, tetapi pikiran Anda bisa menjadi pikiran binatang jika Anda tidak dapat mempertahankan lima sila. Itu sebabnya kadang-kadang mereka (otoritas) harus menempatkan orang yang tidak dapat mempertahankan lima sila dalam sel, karena mereka bukan manusia. Mereka adalah binatang. Meskipun tubuh adalah tubuh manusia tetapi pikiran mereka bukan lagi pikiran manusia. Mereka dapat menyakiti orang lain jika Anda menempatkan mereka di luar sel. Jadi, mereka harus dikurung.

Jika Anda mempertahankan lima sila, mereka tidak akan mengunci Anda karena Anda adalah manusia. Karakter manusia adalah mampu menjaga lima sila. Menjaga kelima sila akan membuat Anda menjadi manusia. Jika Anda dapat mempertahankan lima sila dan Anda dapat membantu orang lain, jika Anda membuat orang lain bahagia, Anda menjadi dewa."

"Dhamma dalam bahasa Inggris untuk orang awam dari Singapura, 24 April 2018."

Oleh Ajahn Suchart Abhijāto
www.phrasuchart.com
Pembicaraan Dhamma terbaru di Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCi_BnRZmNgECsJGS31F495g

No comments:

Post a Comment