Saturday 31 March 2018

TAHUKAH ANDA?

TAHUKAH ANDA?

Bila Anda tidak dapat memiliki kontrol atas mulut (ucapan) Anda, bagaimana mungkin Anda berharap bisa memiliki pengendalian atas pikiran Anda?

Melatih pengendalian pikiran adalah pekerjaan yang halus dan lembut juga harus memiliki kesabaran untuk melatihnya.

Sebelum Anda bisa memulainya, ada syarat minimal yang tidak bisa ditawar-menawar yaitu latihan dasar berupa pengendalian mulut atau ucapan yaitu dengan menahan diri dari berkata kasar, bicara dusta, menfitnah dan omong kosong.

Yang tidak kalah penting juga latihan untuk menahan diri dari membunuh, mencuri, perbuatan asusila dan mempergunakan zat-zat yang dapat melemahakan kesadaran (mabuk-mabukan).

Tanpa latihan dasar ini maka pikiran Anda terlalu kasar, terlalu banyak gejolak, dan terlalu bergelombang sehingga kondisinya tidak memungkinkan untuk dilatih.

Tetapi apabila selanjutnya Anda telah bisa berlatih dengan tekun sampai pikiran Anda menjadi lebih kokoh, tenang, dan terkendali maka dengan sendirinya Anda akan lebih mampu lagi mengendalikan ucapan dan perbuatan Anda.

Dan ini kemudian akan menjadi dasar yang lebih kuat lagi untuk melatih pengendalian pikiran ketingkat yang lebih mahir lagi.

No comments:

Post a Comment