Wednesday 5 December 2018

Manusia terdiri dari unsur MATERI dan BATHIN

Manusia terdiri dari unsur MATERI dan BATHIN keduanya perlu kebutuhan, jika kebutuhannya tidak TERPENUHI akan menimbulkan MASALAH.
Memahami bahwa manusia itu terdiri dari dua unsur materi dan bathin, kita harus bisa memberi kebutuhannya, juga mengenali khususnya kebutuhan BATHIN, karena hidup bersumber dari BATHIN.

👉 Bathin lapar, karena tidak terpenuhi kebutuhannya, cirinya adalah orang mudah tersinggung, sering marah, suka ngambek, dan masih banyak sifat NEGATIF lainnya. Jangan dianggap kebiasaan NEGATIF itu hal yang wajar, itulah wujud dari bathin yang LAPAR.

👉 Batin sakit, merupakan kelanjutan dari bathin lapar. Jika bathin lapar tidak segera diberi perhatian serta kebutuhannya, akan meningkat menjadi bathin sakit. Diantaranya contoh kasus BATHIN yang sakit, begitu ada MASALAH, mau melakukan hal” yang tidak semestinya, seperti frustasi, _apatis, ingin bunuh diri, dan lainnya.

👉 Bathin mati, adalah kelanjutan dari bathin sakit. Kendati orangnya masih HIDUP, namun nilai kemanusiaannya sudah MATI. Orang yang melakukan perbuatan kriminal sangat SADIS, sudah merampok, menyakit orang yang dirampok, memperkosa, membunuh dan memutilasi, dan lain sebaginya, Pelaku kriminal tanpa ada rasa bersalah, justru malah BANGGA, inilah contoh orang yang sudah MATI BATHIN nya.

👉 Bathin baik itu berupa KEBAIKAN. Diantaranya kebaikan adalah pemahaman HIDUP yang benar, moralitas yang baik, pikiran tenang, menjalani hidup dengan BIJAKSANA, selalu mengulurkan tangan MEMBANTU sesama, tanpa mengharapkan IMBALAN apapun.

Kebutuhan MATERI dapat dipenuhi dengan cara GIAT mencari materi tersebut, sedangkan kebutuhan BATHIN yang baik dapat dipenuhi dengan selalu berlatih dan berlatih tanpa LELAH

No comments:

Post a Comment