Berkah Dan Nasib
oleh: Ven. S. Dhammika
1. Bagaimana pendapat agama Buddha mengenai jimat dan ramalan nasib?
Buddha menganggap praktik seperti peramalan nasib, pemakaian jimat perlindungan, pernujuman, penentuan hari baik, penentuan lokasi bangunan secara magis, dan sejenisnya, sebagai ketakhayulan yg tak bermanfaat. Beliau tidak pernah menganjurkan para siswa-Nya untuk melakukan praktik semacam itu. Beliau menamakan hal-hal di atas sebagai "Seni Rendah".
"Banyak orang beragama mengandalkan penghidupannya dari budaya-budaya rendah, dengan mata pencaharian yg salah, seperti meramalkan nasib orang, meramalkan pertanda-pertanda, menafsirkan mimpi... membawa nasib baik atau nasib buruk..., memohon-mohon pada dewi keberuntungan..., menentukan temoat keberuntungan untuk mendirikan bangunan, pertapa Gotama menolak seni rendah semacam ini, menilainya sebagai cara penghidupan yg salah"(DI 9-12)
2. Mengapa orang kadang2 mempraktikkan, bahkan mempercayai hal tersebut?
Karena ketamakan, ketakutan dan kebodohan batin.
Begitu seseorang memahami ajaran Buddha, dia akan sadar bahwa kesucian pikiran dapat menjadi pelindung yg lebih baik dibandingkan secarik kertas, sebutir peluru, serangkaian tulisan, dan dia tidak lagi menggantungkan nasibnya pada hal-hal semacam itu.
Dalam ajaran Buddha, ketulusan, kebajikan, pengertian, kesabaran, kemurahan hati, kesetiaan, dan kebijaksanaan, yg benar2 dapat memberikan kesejahteraan sejati.
3. Tapi ada jimat keberuntungan yg terbukti khasiatnya.
Saya tahu ada orang yg pencahariannya menjual jimat keberuntungan. Dia bilang bahwa jimatnya dapat membawa berkah dan kemakmuran. Tapi kalau yg dikatakannya benar, mengapa dia tidak menjadikan dirinya sendiri seorang multi jutawan? Kalau jimatnya benar berkhasiat, mengapa dia tidak menang undian setiap minggu? Keberuntungan yg dia miliki hanyalah bahwa ternyata ada orang2 bodoh yg mau membeli jimatnya.
4. Tadi, apakah ada yang disebut keberuntungan?
Keberuntungan didefinisikan sebagai kepercayaan bahwa apapun yg terjadi pada seseorang dalam suatu peristiwa baik atau buruk disebabkan karena kebetulan, nasib atau untung-untungan. Sang Buddha sama sekali menyangkal kepercayaan tersebut. Segala sesuatu yg terjadi pasti ada mempunyai satu atau lebih penyebab, dan pasti ada hubungan antara penyebab dan akibatnya. Sebagai contoh, jatuh sakit pasti punya sebab tertentu, salah satu kemungkinan seseorang telah dimasuki kuman dan tubuhnya harus cukup lemah bagi si kuman untuk bisa berkembang di situ. Ada hubungan tertentu antara penyebab (kuman dan tubuh yg lemah) dan akibat (jatuh sakit). Kita tahu bahwa kuman menyerang bagian tubuh orang itu dan menimbulkan sakit.
Tapi bukankah tidak ada hubungan sebab-akibat antara penggunaan selembar kertas yg bertulisan di atasnya (kertas jimat) dan keadaan menjadi kaya atau lulus ujian.
Agama Buddha mengajarkan bahwa apapun yg terjadi pasti karena suatu sebab dan tidak disebabkan karena kebetulan, nasib, atau untung-untungan. Orang yg tertarik pada keberuntungan selalu mencoba untuk mendapatkan sesuatu, biasanya banyak rezeki atau kesehatan.
Buddha mengajarkan bahwa mengembangkan hati dan pikiran adalah jauh lebih bermanfaat.
Dalam salah satu kotbahNya yg terkenal, Buddha melantunkan:
"Memiliki pengetahuan luas dan kepiawaian, terlatih baik dalam tata tertib, ramah tamah dalam berucap;
inilah Berkah Utama.
Merawat ayah ibu, menyokong anak dan istri, bekerja tak terbengkalai;
inilah Berkah Utama.
Berdana, berperilaku sesuai dengan Dhamma, menyokong sanak keluarga, berkarya tanpa cela;
inilah Berkah Utama.
Berpantang berbuat kejahatan, menghindari barang memabukkan, bertekun melaksanaan Dhamma; inilah Berkah Utama.
Menghormat, bersikap rendah hati, merasa puas, tahu kebajikan orang lain, mendengarkan Dhamam tepat pada waktunya; inilah Berkah Utama.
Bersemangat, menjalani hidup suci, melihat Kesunyataan Mulia, menembus Nibbana; inilah Berkah Utama.
Kendati berhubungan dengan hal-hal duniawi, batin tak tergoyahkan, batin tak bersedih, tak bernoda, merasa aman; inilah Berkah Utama.
Dengan melaksanakan hal-hal ini makhluk hidup tidak akan terkalahkan di manapun, dan pergi kemanapun niscaya selamat; inilah Berkah Utama bagi mereka." (Sn 261-268)
Diposting oleh DHAMMA VAGGA
No comments:
Post a Comment