Friday 16 November 2018

Bimbingan dari Master Yin Guang

Bimbingan dari Master Yin Guang
1.20. Air Maha Karuna yang Mujarab
Ada seorang upasaka membawa istri dan anaknya yang masih berusia kecil, bersama-sama mengunjungi Master Yin Guang. Anak kecil ini bernama Da-guan, baru berusia 7 tahun. Mereka naik kereta api berangkat dari Shanghai ke Suzhou.

Oleh karena baru pertama kali naik kereta api, Daguan sangat senang sekali. Dia melihat ke luar jendela, sepanjang perjalanan menikmati panorama. Saat itu kebetulan sedang musim hujan, angin dan hujan tiada hentinya menyusup masuk melalui daun jendela, Daguan sepertinya menderita flu dan kedinginan. Masih beruntung, perjalanan hanya ditempuh selama dua jam saja, dalam waktu singkat mereka telah menginjakkan kaki di Vihara Baoguo.


Ketika mereka bertemu dengan Master Yin Guang, memohon Visudhi Trisarana pada Master, Daguan mendadak menangis dan merengek, mengeluh sakit perut, bahkan badannya jadi meriang dan demam.

Ayahbunda Daguan jadi begitu cemas, oleh karena musim panas sudah menjelang, penyakit Kolera mewabah dimana-mana, Daguan juga baru saja masuk angin dan kedinginan, selanjutnya tidak tahu akan berkembang sampai separah mana! 

Master Yin Guang yang mendengar tangisan Daguan dari kamar pengasingannya, menengok ke luar daun jendela. Beliau berkata pada ayahbunda Daguan :
“Anak itu sedang sakit, coba gendong dan dekatkan ke saya”.

Melalui mulut jendela, Master Yin Guang mengusap kepala si anak, lalu dari sebuah botol air, menuang ke dalam setengah mangkok air, menyuruh Daguan meminumnya sampai habis.     

Ayah Daguan berpikir dalam hati : “Anakku ini sedang menderita flu, lalu mencret, mana boleh dikasih air dingin begini?”

Maka itu si ayah menundukkan kepalanya dan berbisik pada Daguan agar meneguk sedikit saja. Namun siapa yang sangka, anak kecil itu begitu sepasang tangan mungilnya menggenggam mangkok tersebut, langsung meminum airnya sampai setetes pun tak bersisa.

Begitu menghabiskan air di mangkok, Daguan segera melepaskan diri dari gendongan ayahnya, berlarian ke sana kemari, mulai lagi kelihatan bandelnya.

Melihat anaknya yang kembali aktif, ayahbunda Daguan barulah bernafas lega. Venerable Ming-dao yang sedang mendampingi Master Yin Guang berkata :
“Air ini merupakan air Maha Karuna yang diberkati Guru, sangat mujarab! Entah sudah berapa banyak penyakit dan kesusahan yang berhasil disembuhkan!”

●Master Yin Guang pernah berkata : “Segala sesuatu hendaknya berlandaskan pada ketulusan! Memberkati air Maha Karuna, asalkan tidak rakus akan ketenaran dan keuntungan, hanya berniat menyelamatkan orang lain dari penyakit dan derita, dengan demikian barulah mujarab. Andaikata air tersebut sudah diberkati jadi mujarab, tetapi kemudian timbul kerakusan akan ketenaran dan keuntungan, atau melanggar sila, maka air tersebut berubah jadi tidak mujarab lagi!

Penulis : Venerable Shi Jian-wen

No comments:

Post a Comment