Friday 17 August 2018

RENUNGAN: "melatih kesadaran"

RENUNGAN: "melatih kesadaran"
👉 Melatih, memiliki, dan menggunakan, kesadaran adalah sangat penting dalam menjalani kehidupan; jika orang hidup tanpa bisa menggunakan kesadarannya, kendati orang masih hidup, bagaikan orang yang tidak hidup.
👉 Melatih kesadaran, dengan menyadari setiap inderia kontak dengan obyeknya. Mata kontak dengan obyek warna, telinga kontak dengan suara, lidah kontak dengan rasa, kulit kontak dengan sentuan, hidung kontak dengan aroma, dan pikiran kontak dengan segala yang terpikirkan dan yang tidak terpikirkan.
👉 Menggunakan kesadaran, untuk berusaha sadar  bahwa yang kontak dengan mata itu warna, yang kontak dengan telingga itu suara, yang kontak dengan lidah itu rasa, yang kontak dengan kulit itu sentuhan, yang kontak dengan hidung itu aroma, dan yang kontak dengan pikiran adalah apa saja yang terpikirkan maupun tidak terpikirkan.
👉 Memiliki kesadaran, untuk menyadari bahwa semua proses itu bukan aku maupun milikiku; inderia bukan inderiaku, warna bukan milikku, kontak inderia dengan warna juga bukan aku. Ketika orang bisa menyadari proses kesadaran secara alami, Ia tidak akan mengeklaim bahwa kesadaran itupun bukan aku maupun milikku.
👉  Melatih kesadaran untuk bisa menggunakan kesadaran agar hidup senantiasa sadar, adalah cara hidup yang benar; orang yang telah sadar tidak akan mati fungsi hidupnya, akan selalu bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.
✍ (B.Saddhaviro)

No comments:

Post a Comment