Wednesday 7 September 2016

Pedoman kita menentukan arah kehidupan kita

*Pedoman kita menentukan arah kehidupan kita*

Kita semua punya keyakinan yang kita yakini, pelajari dan jadikan pedoman dalam kehidupan kita, sehingga perbuatan kita menjadi cermin dari keyakinan kita.


Kita yakin dengan keyakinan kita, sehingga kita melaksanakannya, menjadikannya sebagai pedoman kehidupan, baik atau tidak baiknya perbuatan kita itulah keyakinan yang kita yakini.

Apabila pedoman kehidupan kita benar pasti membuat perbuatan kita berguna, bermanfaat dan dapat menimbulkan kebaikan dan kebahagiaan bagi manusia, makhluk lain disegenap alam semesta.

Tapi apabila pedoman kita salah, sesat maka dapat dipastikan perbuatan kita buruk, jahat, tidak membawa hal yang berguna dan bermanfaat karena itu menimbulkan bencana dan penderitaan.

Selama ini kita menganggap pedoman kita yang paling benar, sehingga berpikir yang lain salah, sesat, kita menganggap diri kita baik yang lain tidak baik dan hanya kita yang patut memperoleh surga sehingga yang lain neraka semua.

Ingatlah bahwa apabila surga dan neraka memang benar-benar ada, tidak harus meninggal baru merasakannya, dalam kehidupan inipun kita pastinya telah merasakannya.

Surga identik dengan rasa tenang, damai, bahagia. Neraka identik dengan kesusahan siksaan, penderitaan dan itu semua dapat kita rasakan karena akibat perbuatan baik dan perbuatan buruk yang kita perbuat.

Dalam kehidupan sekarang bahagia dalam kehidupan yang akan datang berbahagia pelaku kebajikan berbahagia dikedua kehidupan. Berbahagia karena dapat mengingat perbuatan baik yang telah dilakukan dan lebih bahagia lagi disaat kebaikannya membuahkan kebahagiaan sesuai dengan harapannya.

Dalam kehidupan sekarang menderita dalam kehidupan yang akan datang menderita pelaku kejahatan menderita dikedua kehidupan, dia menderita disaat mengingat ia telah berbuat jahat dan lebih menderita lagi disaat kejahatannya mengakibatkan penderitaan.

Ingatlah perbuatan jahat kita sendiri yang melakukan, perbuatan baik kita sendiri pula yang menentukan dan bahagia menderitanya hidup kita akibat perbuatan yang kita lakukan sendiri.

*Achan Tej*
Pertapaan Giri Vana
Wonosalam, Jombang. ๐Ÿ€Morning .GkBU n family.Be Happy Always.Have a nice day ๐Ÿ˜€๐Ÿ™๐ŸŒน๐Ÿ’☘

Credit: Susi Tio

1 comment: