Wednesday 29 June 2016

Tujuh Kekayaan Arya

Ss Madaka Dhammasakacca:
Tujuh Kekayaan Arya
Oleh : Bh. Paññāvaro

Ada 7 macam kekayaan menurut Guru Agung Buddha:


1. Kekayaan karena mempunyai keyakinan (Saddha) kepada Buddha, Dhamma dan Sangha
Keyakinan inilah yang mendorong umat ke vihara, bersujud, menghormat, berbakti pada Triratna. Karena itu mempunyai keyakinan adalah kekayaan yang pertama.

2. Kekayaan mau belajar (Bahusacca)
Sekedar memiliki keyakinan tidak cukup. Apa artinya bersujud, mempersembahkan Bunga, membaca Paritta kalau hanya itu, sekedar formalitas, sekedar hiburan spiritual.
Belajarlah untuk mengerti siapa yang kita yakini dengan terang dan jelas, Bhante yang sudah berpuluh tahun pun tidak akan pernah berhenti belajar Dhamma. Karena belajar Dhamma tidak ada habisnya.

3. Kekayaan dari memberi (Caga, Dana)
Dengan belajar akan mendapat dorongan untuk praktik Dhamma. Praktik Dhamma yang pertama : Berdana. Kalau mengerti Dasa Paramita, yang pertama adalah Dana.
Bila kita membaca Tripitaka, tidak pernah ada sekalipun kata meminta, karena meminta BERTENTANGAN dengan keyakinan terhadap hukum Kamma. Lakukanlah kebajikan, menanamlah, kita akan mendapatkan, tidak usah meminta. Memberilah, itulah ajaran guru agung kita yang pertama.
Berdana bisa mengabulkan semua keinginan. Tapi umat Buddha tidak mengharapkan. Mengharapkan pahala memang tidak salah, tetapi itu adalah tujuan yang rendah.
Berdanalah untuk tujuan membersihkan kotoran batin, mengurangi keakuan, kecongkakan, kilesa... Itulah tujuan dana yang tertinggi.
Dengan membersihkan kotoran batin (Kilesa), penderitaan akan berkurang. Penderitaan yang berkurang, membuat kebahagiaan bertambah.
Bila seseorang mengerti arti berdana seperti ini, biarpun seseorang hanya memiliki sesendok nasi, ia tidak akan menghabiskan untuk sendiri tapi tetap akan disisihkan untuk berdana. Karena bisa memberi adalah kekayaan.
Alangkah menderitanya orang yang tidak pernah memberi, dan alangkah menderitanya orang yang tidak bisa memberi.

4. Kekayaan dengan memiliki sila (Sila)
Ada yang suka memberi, menolong tapi juga suka membunuh, ia tidak akan miskin, tetapi hidupnya penuh bahaya, banyak ancaman, penyakitnya tidak sembuh, silih berganti atau umurnya pendek.
Suka berdana tapi suka mencuri dan korup, ia tidak akan memiliki keluarga atau kolega yang terpercaya.
Berdana tapi suka berselingkuh. Ia memiliki uang tapi keluarganya tidak akan harmonis, penuh ketegangan.
Suka berdana tapi mulutnya tidak bisa dipercaya, bergosip, tidak pernah berbicara yang baik. Ia tidak akan berwibawa. Kata-katanya tidak akan diikuti.
Suka berdana tapi suka minum-minuman keras, ia akan mudah kena stress, bahkan sampai sakit ingatan. Mungkin dilahirkan kembali menjadi anak orang kaya tapi bodoh atau sakit jiwa.

5. Kekayaan memiliki rasa malu untuk berbuat jahat (Hiri)
6. Kekayaan memiliki rasa takut akan akibat dari berbuat jahat (Ottappa)
Dengan memiliki Hiri dan Ottapa orang akan menghindari pelanggaran sila

7. Kekayaan mempunyai Kebijaksanaan / Kearifan (Panna)
Umat Buddha mengerti Dukkha, Anicca, Anatta serta bisa membedakan hal yang benar dengan yang salah.
Apa manfaat mengerti Anicca?
Akan memiliki kekuatan yang luar biasa, tidak akan pernah putus asa. Karena memahami bahwa semua kesulitan tidak kekal. Karena memahami tidak ada yang kekal di alam semesta ini, kenapa harus bersedih, pesimis, semuanya Anicca.
Apa manfaat mengerti Dukkha?
Jangan membuat penderitaan ke dalam diri orang lain dan diri sendiri.
Apa manfaat mengerti Anatta?
Tidak akan congkak. Karena memahami tidak ada yang disebut 'AKU'
Banyak yang mengerti Dhamma tapi kesombongannya juga tinggi, merasa lebih dari yang lain. Mengerti Dhamma malah keakuannya bertambah.
Bagaimana mendeteksi keakuan yang muncul. Saat bermeditasi, Kesadaran itu akan mendeteksi saat keakuan itu muncul.

Umat yang memiliki 7 kekayaan itu, baik Pria atau Wanita, tidak akan pernah miskin hidupnya.

Semoga Semua Makhluk Berbahagia...

No comments:

Post a Comment