Saturday 11 June 2016

Parrita Tisarana

Tisarana adalah "TI" artinya "Tiga", sedangkan "Sarana" adalah "perlindungan",
maka Tisarana artinya Tiga Perlindungan.
Umat Buddha di seluruh  dunia menyatakan ketaan dan kesetiaan mereka kepada
Buddha, Dhamma dan Sangha dengan sebutan Tisarana (Tiga Perlindungan),
Pernyataan itu berbunyi :


Buddham Saranam Gacchami - Aku berlindung kepada Buddha
Dhammam Saranam Gacchami - Aku berlindung kepada Dhamma
Sangham Saranam Gacchami - Aku berlindung kepada Sangha

Kata-kata diatas di sabdakan oleh Sang Buddha Gotama sendiri, bukan
oleh para siswanya atau mahluk lain, ketika berada di Taman Rusa Isipatana
dekat Benares.
Sabda ini disampaikan oleh Sang Buddha kepada 60 orang Arahat siswa Beliau,
ketika Mereka akan berangkat menyebarkan Dhamma demi kesejahteraan dan
kebahagiaan umat manusia.
Ketika itu Sang Buddha bersabda sebagai  berikut :
"Para Bhikkhu, ia hendaklah setelah mencukur rambut mengenakan jubah kuning,
bernamasarkara di depan para bhikkhu, duduk bertumpu lutut dan merangkap kedua
tangan di depan dada (anjali), berkata :
Aku berlindung kepada Buddha, Aku berlindung kepada Dhamma,
Aku berlindung kepada Sangha. (Vinaya Pitaka 1:22).

Sang Buddha Gotama menentapkan rumusan tersebut bukan hanya berlaku
bagi mereka yang di tahbiskan menjadi samanera dan bhikkhu,
tetapi juga bagi umat awam. Setiap orang yang memeluk agama Buddha,
bagi ia seorang awam ataupun seorang bhikkhu, menyatakan keyakinannya
dengan kata-kata rumusan Tisarana. Tisarana (tiga perlindungan) adalah
ungkapan keyakinan (saddha) "berlindung kepada Tisarana"
Bagi umat Buddha.

Buddha Saranam Gacchami
Saya berlindung kepada Buddha, Ungkapan ini berarti bahwa :
Sang Buddha adalah pelindungku dan pembimbingku yang ideal,
Saya belindung kepada Buddha. Saya mengikuti dan menghormati-Nya,
karena Beliau telah melenyapkan Dukkha dan Penunjuk Jalan.
Saya tahu dan mengerti bahwa Beliau adalah pembimbing ke arah kesucian.

Dhammam Saranam Gacchami
Saya belindung kepada Dhamma, kata Dhamma dalam ungkapan ini dipandang
sebagai perlindungan, karena Dhamma melindungi , mempertahankan dan
membantu makhluk-makhluk dengan cara menghindarkan mereka jatuh
(terlahir kembali) di alam  menyedikan (apaya) yaitu neraka, binatang, peta dan
asura. juga Dhamma membimbing seseorang untuk mengikuti jalan dan merealisasikan
lenyapnya  Dukkha (dukkha nirodha). Dengan demikian, Dhamma adalah jalan
Mulia dan Nibbana.
Yang dimaksudkan berlindung kepada Dhamma, adalah berlindung kepada Dhamma
yang lampau (Atita Dhamma), Dhamma yang Sekarang (Paccupanna Dhamma)
dan Dhamma yang akan datang (Anagata Dhamma).

Sangham Saranam Gacchami
Saya berlindung kepada Sangha. Sangha adalah kelompok Bhikku yang bersatu
dalam persaudaraan yang berpandangan benar dan bermoral baik dan suci.
Sangha sebagai perlindungan adalah empat pasang makhluk suci,
yakni Sotapanna, Sakadagami, Anagami , Arahat Magga dan Phala.
Yang dimaksudkan dengan berlindung kepada Sangha, adalah berlindung kepada
Sangha yang lampau (Atita Sangha), Sangha yang sekarang (Paccupanna Sangha),
dan Sangha yang akan datang (Anagata Sangha).



No comments:

Post a Comment