Monday 25 February 2019

HANTU Oleh Ajahn Brahm

HANTU

Oleh Ajahn Brahm

Apakah hantu itu ada atau tidak ?
Jawabannya adalah ADA !
Tetapi kita tidak perlu takut karena hantu tidak pernah melukai manusia. Hantu hanya menakuti, tidak pernah melukai.
Jangan percaya pada wajah hantu yang mengerikan spt dalam film2 hantu.
Kemudian Ajahn Brahm meminta para pendengar menunjukkan tangannya bagi mereka yang pernah melihat hantu.

Ada beberapa pendengar yang menunjuk tangan mereka. Beliau kemudian kembali bertanya apakah ada yang pernah dilukai hantu? Kembali ada beberapa juga yang mengacungkan tangannya.
Ajahm Brahm kemudian bertanya, “Benarkah kamu dilukai oleh hantu?” Saya melihat kamu masih baik-baik saja duduk di sini mendengarkan cerita saya."

Ada salah seorang pendengar yang bercerita bahwa sewaktu tidur beliau sepertinya dicekik oleh hantu sehingga tidak bisa bernafas.
Apakah itu bukan berarti dilukai ?
Ajahm Brahm menjawab, sebenarnya pengalaman itu bukanlah dicekik hantu.
Itu adalah pengalaman fisik kita sewaktu tidur, karena pikiran atau pernafasan kita  terganggu. Pikiran kita terikat pada sesuatu yg membuat kita lupa & tidak bisa bernafas, lain kali kalau mengalami hal yg demikian cobalah relaks.

Percayalah, tidak ada hantu yang jahat di dunia ini, paling ada hantu yang nakal. Karena hantu itu seperti anak-anak, suka bermain dan suka diperhatikan orang.

Dulu teman menceritakan pengalamannya tentang hantu. Sewaktu dia bermeditasi, dia mencium ada bau yang aneh tetapi tidak dihiraukannya. Dia melanjutkan meditasinya, tetapi dia diganggu terus oleh hantu itu, digelitik seperti ada sesuatu yang ingin untuk diperhatikan. Teman saya tetap tidak menghiraukannya. Keesokan harinya sewaktu dia masuk lagi ke ruang meditasinya, bau yang aneh itu masih tercium. Dia tahu kalau itu adalah bau hantu karena bau dewa itu harum.
Jadi sebelum dia memulai meditasinya, dia mengambil alas bantal untuk bermeditasi sebiji lagi dan menaruh di sampingnya, lalu berkata dengan tegas, “Saya tahu itu kamu. Duduklah di situ dan bermeditasilah bersama saya atau bila tidak, pergilah ketempat yang lain !
Jangan ganggu saya !” Setelah itu, meditasinya tidak pernah terganggu lagi dan bau yang tidak sedap itu pun lenyap dengan sendirinya.

Kemudian, ada sepasang suami istri Buddhis yang sering datang ke wihara kita di Australia.
Mereka menuturkan pengalamannya membeli rumah baru. Agen penjual rumah dari rumah yang baru mereka beli tidak memberitahukan kepada mereka bahwa pemilik sebelumnya baru saja mati di depan rumah tsb sewaktu memindahkan perabotnya.
Mungkin karena pemilik itu mempunyai penyakit jantung atau karena kegemukan,
dia mati di pintu rumah sewaktu ingin memindahkan perabotnya.
Karena suami istri itu tidak tahu, jadi mereka pindah masuk saja ke rumah baru mereka seperti biasa pada umumnya orang pindahan rumah. Setelah itu, setiap malamnya mereka diganggu oleh orang iseng yang menekan bel.
Mereka membuka pintu dan mengira mungkin saja ada anak-anak yang sedang iseng, tetapi ternyata tidak ada. Bahkan hal itu terjadi hingga tengah malam, sehingga suaminya mendapatkan ide untuk mengeluarkan baterai dari bel tersebut agar tidak berbunyi lagi sewaktu ditekan. Walaupun tanpa baterai ternyata bel itu berbunyi terus. Akhirnya mereka tahu bahwa ini bukan perbuatan orang iseng. Ternyata orang iseng yang mereka pikirkan itu adalah hantu pemilik rumah sebelumnya yang ingin masuk ke rumah tersebut. Hantu si pemilik rumah sebelumnya belum menyadari bahwa dia sebenarnya sudah mati. Mereka baru mengetahui tentang hantu itu setelah mendengar kisah tersebut dari tetangga-tetangganya. Karena mereka adalah umat Buddha, mereka meminta petunjuk dari bhikkhu dan kemudian membacakan paritta atau doa supaya hantu itu bisa terlahir ke alam yang seharusnya dia berada.
HANTU tidak JAHAT, Anda MANUSIA yang SERING jahat,  Agama SERING di pakai utk MENINDAS 👍

No comments:

Post a Comment