Monday 2 April 2018

Apa Yang Harus Difokuskan Saat Berdana Agar Dana Anda Berbuah Baik

Apa Yang Harus Difokuskan Saat Berdana Agar Dana Anda Berbuah Baik?

Apakah Anda masih rajin berdana setiap hari?

Apa yang difokuskan saat Anda berdana setiap hari supaya dana Anda disertai dengan pikiran yang benar?

Saya mau sharing apa yang  dilakukan setiap hari pada saat berdana.

Anda tiap hari berdana via inet banking atau ATM? Atau masukin celengan?


Setiap berdana, dana Anda akan baik/tidak baik/netral tergantung pikiran apa yang Anda pikirkan saat sebelum-sedang-setelah berdana.

Jika pikiran Anda menginginkan kaya raya maka menurut Anguttara Nikaya maka hanya seperti itulah hasilnya. Anda akan terlahir menjadi orang kaya raya. Tapi jika ditambah kebijaksanaan perenungan maka dana Anda bisa menjadi tenaga untuk mencapai Nibbana yaitu kebebasan tertinggi.

Pikiran Anda seperti kuda liar. Jika tidak diikat akan lari dan sulit ditangkap. Maka cara termudah mengikat pikiran adalah dengan berbicara atau berucap.

Lalu apa yang diucapkan saat berdana supaya dana kita disertai kebijaksanaan? Saya mengucapkan "Sanghassademi" yang artinya "Saya memberikannya kepada Sangha. Maka semua anggota Sangha termasuk para Arahat mendapat manfaat dari dana saya."

Saat Anda transfer dana memakai inet banking Anda juga bisa menuliskan "Sanghassademi" di kolom keterangan supaya ketikan tangan Anda menjadi fokus di pikiran.

Saat mengatakan "Sanghassademi" kita melatih pikiran untuk melepas yaitu memberi. Dengan memberikan kepada Sangha maka kita terbebas dari subjektifitas yaitu kita tidak memberikannya untuk kepentingan seseorang tapi universal kepada para makhluk agung yaitu anggota Sangha bahkan termasuk para Arahat.

Baru setelah itu kita lakukan pelimpahan jasa kepada sanak keluarga kita yang telah meninggal dengan mengatakan "Semoga jasa ini melimpah kepada sanak keluarga saya yang telah meninggal yang telah berjasa kepada saya (sebutkan nama) dan kepada semua makhluk di sekitar rumah saya. Semoga mereka bahagia dan cita-cita luhur mereka tercapai."

Lalu Anda tutup dengan menghormat 3x kepada Buddha Dhamma Sangha.

Tiap pagi melakukan kebajikan indah ini, cobain deh. Alhasil setiap pagi Anda bisa lebih bahagia karena telah membuka hari dengan perbuatan baik.

No comments:

Post a Comment